in

Mengenang 5 Buku yang Wajib Dimiliki Anak Sekolahan di Era 90-an Saat Belum ada Smartphone

ayosebarkan.com

Keberadaan teknologi membuat semua kegiatanmu semakin mudah, termasuk juga dengan kegiatan belajar mengajar, kenapa kok begitu, ya coba rasakan dan bayangkan sendiri. Khusus bagi orang-orang yang hidup di era tahun 90an, bagaimana rasanya pada waktu itu ketika harus membawa kamus tebal pada saat mau berangkat kuliah.

Lalu bedakan dengan sekarang, saat smartphone keluar dan diproduksi, saat harga jaringan internet terjangkau, merubah segalanya dan mempermudah semua kegiatan yang kamu lakukan, termasuk untuk kegiatan perkuliahan atau belajar mengajar, saat ini berangkat kuliah tidak harus bawa kamus Bahasa inggris tebal yang bisa buat bantal ketika ngantuk di kelas, saat ini cukup membawa Smartphone yang sudah terinstal aplikai kamu Bahasa inggris.

Kamu tinggal ketik kata yang ingin kamu cari artinya dalam Bahasa inggris atau Bahasa Indonesia atau ke Bahasa lainnya, klik translate maka secara otomatis kamu akan mendapatkan arti kata yang kamu cari.

Bayangkan kalau itu terjadi di zaman dulu, pasti yang pertama kamu harus bawa kamus Bahasa Indonesia dana tau kamus Bahasa inggris, lalu kamu buka kamus semua dengan urutan abjad yang biasanya terdapat di badan kamu, lalu cari kata yang ingin kamu cari tahu artinya.

Baca juga: 5 Usaha Sampingan Yang Cocok untuk Pelajar Jaman Now

Slain kamus, berikut 5 buku yang wajib dimiliki di era 90 an saat belum ada aplikasi smartphone.

RPUL

RPUL atau biasanya disingkat dengan Rangkuman Pengetahuan Umum Lengkap, dari judul yang tertulis pada buku, pasti kita sudah bisa bayangkan RPUL adalah kumpulan seluruh pengetahuan umum yang lengkap.

1cak

Semua informasi tentang pengetahuan umum ditulis di buku ini, termasuk juga pengetahuan umum yang diajarkan di kelas 6 Sekolah Dasar. Buku ini berisi pengetahuan umum seperti tentagn suku bangsa, letak geografis, budaya, mata uang, dan pengetahuan lainnya.

Penulisannya pun cukup ringkas, untuk itu buku ini sangat mudah untuk dibaca dan dipahami, tak salah jika buku ini tergolong buku legendaris yang wajib dimiliki oleh anak-anak yang hidup di tahun 90 an.

Akan tetapi disaat smartphone mulai merajalela, buku ini semakin dilupakan, bukan dilupakan tetapi dialih bentukan menjadi sebuah smartphone yang mudah untuk diakses dan sesuai dengan perkembangan zaman.

Google Play

RPAL

RPAL biasanya disingkat rangkuman pengetahuan alam lengkap, buku ini juga senasib dengan RPUL, terlupakan disaat smartphone mulai merajalela, terlebih lagi degan adanya Google, saat ini Google menjadi rujukan baru tanpa memperdulikan kevalidan informasi yang ada pada Google.

ayosebarkan.com

Memang dengan adanya google akan sangat mempermudah bagi kita untuk mencari informasi apapun yang ingin kita cari, tetapi satu hal yang harus diingat yaitu tidak semua informasi yang ada di google itu kevalidannya dapat dipertanggung jawabkan, kamu harus pintar-pintar memilah informasi yang ada di Google.

Berbeda dengan informasi yang ada pada buku RPAL, informasi pada Buku RPAL sudah dapat dipertanggungjawabkan kevalidannya pada saat itu.

Baca juga: 5 Tips Belanja Online di Media Sosial Agar Aman, Pastikan Teliti Sebelum Membeli

Ya mungkin itu sekedar bedanya Google dibandingkan RPAL, dengan membaca buku RPAL, mata pelajaran Ilmu Pengatahuan Alam bisa dikuasai dengan mudah, seperti halnya dengan RPUL, penyajian buku ini dibawakan secara ringkas, mudah dibaca dan mudah dipahami.

ATLAS

Khusus untuk anak-anak yang lahir di era 90 an, coba jujur disaat kamu ingin melihat peta Indonesia, kamu dapat melihatnya dimana?? Pasti kamu melihatnya di atlas dan bisa juga di Globe.

kaskus

Ayo anak-anak cari peta Jawa Timur, maka secara cepat kalian akan membuka atlat lalu cari kata kunci Peta Indonesia dan cari Peta khusus Jawa Timur.

Lalu ibu bapak guru bertanya lagi, “Ayo anak-anak cari Kota Surabaya, serentak anak-anak menjawab Kota Surabaya ada di dekatnya pulau Madura bu/bapak guru” bagi yang gak punya Atlas biasanya langsug lari ke bangku temannya yang punya buku Atlas, coba bayangkan keseruannya jika dalam satu kelas yang punya buku atlas Cuma satu orang, pasti murid-murid bergerumbul ke satu bangku yang punya buku atlas.

Coba kejadi itu terjadi saat ini, ketika ada bapak/ibu guru yang bertanya “Ayo anak-anak cari peta Indonesia”, maka secara langsung anak-anak akan mengeluarkan smarphoneya masing masing dan membuka Google Maps lalu ketik katakunci Indonesia, maka secara otomatis Peta Indonesia akan muncul.

Kamus Bahasa Inggris-Indonesia

Karena yang bisa membayangkan adalah orang-orang yang hidup di era tahun 90 an, coba bayangkan seberapa tebal Kamus Bahasa Inggris-Indonesia, apalagi kamus seri John M Echols, seolah olah kamusnya bisa buat bantal saat ngantuk di kelas.

bukalapak

Bagaimana tidak tebal, kamusnya ada 2 jenis, versi Bahasa Indonesia Inggris, ada juga versi Inggris Indonesia, pas waktu kuliah Bahasa inggris, kamu harus membawa kedua kamus tersebut, waah pasti berat, ya pasti, coba rasakan sendiri.

Baca juga: Cara Pesan dan Bandingkan Tarif Jasa Transportasi Online di Smartphone Android dengan Google Maps

Berbeda ketika kejadian itu terjadi sekarang, saat ini cukup membawa smartphone yang terintal kamus Bahasa Indonesia inggris atau sebaliknya, kamu dengan mudah menemukan kata yang ingin dicari artinya.

Buku Tabungan

Bagi kamu yang pernah lihat buku tabungan seperti digambar, berarti umur kamu sudah tua, jadi harus sadar diri ya… hehehe.

today.line.me

Yups, buku tabungan ini yang wajib dimiliki oleh anak sekolahan, setiap seminggu sekali kita harus nabung, uangnya dititipkan di koperasi sekola atau di guru lalu dicatat di buku ini.

Ayoo ngaku, jujur ya… kamu dulu dapat uang berapa hasil dari tabunganmu???

Terkedang mengenang kesenangan masa lalu adalah cara yang paling efektif untuk kita hidup semakin bersyukur karena kita pernah menjalani masa itu

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cara Pesan dan Bandingkan Tarif Jasa Transportasi Online di Smartphone Android dengan Google Maps

5 Peluang Usaha Baru Menjanjikan yang Cocok Untuk Kaum Milenial