Jembatan Merah, Destinasi Wisata Surabaya yang Jadi Saksi Biksu Perjuangan Arek-Arek Suroboyo

The Heroes City julukannya, saat ini jadi destinasi wisata Surabaya yang layak untuk dikunjungi, bagi yang ingin wisata sejarah, Surabaya cocok jadi pilihan pertama. Surabaya menawarkan banyak Destinasi Wisata sejarah, seperti Monumen Tugu Pahlawan, Museum 10 November, De Javasche bank museum, art gallery Surabaya, dan salah satunya adalah Jembatan Merah.

Menilik sejarah Kota Surabaya, destinasi wisata Surabaya Jembatan Merah diceritakan sebagai saksi biksu keberanian arek-arek Suroboyo melawan penjajah, saksi biksu dimana terbunuhnya jenderal A.W.S Mallaby, pimpinan perang colonial Belanda.

Sejarah Singkat Jembatan Merah

Secara singkat, keberadaan jembatan merah adalah saksi biksu perjuangan arek-arek suroboyo melawan penjajah, pada waktu itu terjadi peperangan antara arek-arek Suroboyo dengan Kolonial Belanda, dan pada saat itu banyak pejuang atau arek-arek Suroboyo yang gugur dalam pertempuran tersebut.

Baca Juga: Jalan-Jalan ke Tugu Pahlawan, Tempat Wisata di Surabaya Yang Jadi Kebanggaan

Tidak sedikit darah yang tumpah pada jembatan itu, maka dari itu sampai sekarang Jembatan yang terletak di antara jalan rajawali dan Kembang jempun dinamakan dengan nama Jembatan Merah. Jembatan merah juga menjadi saksi bisu terbubunuhnya A.W.S Mallaby, pimpinan perang colonial Belanda.

Selain menjadi saksi sejarah, Jembatan Merah melintasi sungai yang pada saat itu keberadaanya sangatlah penting, satu-satunya jalur yang menghubungkan Pelabuhan Tanjung Perak / Kalimas dengan Gedung Residensi Surabaya, Jalur tersebut sebagai kawasan Komersial yang sangat penting bagi Surabaya.

Jembatan Merah sudah beberapa kali dilakukan renovasi, puncaknya pada tahun 1890, Jembatan Merah yang sebelumnya berpagar kayu diganti menjadi besi berwarna merah, dan hal tersebut bertahan sampai seakarang.

Disekitar Jembatan merah banyak berjajar bangunan peninggalan masa colonial Belanda yang masih berdiri tegak sampai sekarang yang bisa dijadikan alternative pilihan destinasi wisata Surabaya, alangkah eloknya jika kita bersama-sama merawat saksi sejarah arek-arek Suroboyo melawan penjajah.

Lokasi Jembatan Merah

Bagi yang ingin belajar sejarah atau ingin sekitar melihat langsung keberadaan Jembatan merah Destinasi wisata Surabaya, bisa langsung menuju lokasi yang berada di Jl. Kembang Jepun No.192, Nyamplungan, Pabean Cantian, Kota Surabaya. dari Stasiun Pasar Turi kurang lebih berjarak 2 km.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

Jalan-Jalan ke Tugu Pahlawan, Tempat Wisata di Surabaya Yang Jadi Kebanggaan

5 Aplikasi Yang Wajib Ada di HPmu Agar Mudik Jadi Tenang dan Tambah Asyik