Jalan-Jalan ke Tugu Pahlawan, Tempat Wisata di Surabaya Yang Jadi Kebanggaan

Dimata masyarakat Indonesia, Surabaya dikenal dengan kata Kota Pahlawan “The Heroes City”, dimana arek-arek Suroboyo bahu membahu berjuang mempertahankan Kota Surabaya dari serbuan sekutu, tepatnya pada 10 November 1945 arek-arek Suroboyo berjuang mengusir sekutu keluar dari Kota Surabaya.

Inilah cikal bakal dibangunnya Tugu Pahlawan sebagai bukti keberanian arek-arek Suroboyo melawan sekutu, dan saat ini Tugu Pahlawan menjadi Tempat Wisata di Surabaya yang jadi kebanggaan warga Surabaya.

Selain menjadi bukti sejarah keberanian arek arek suroboyo dalam melawan penjajah, saat ini Monumen Tugu Pahlawan menjadi alternative Tempat Wisata di Surabaya bagi yang kebetulan atau berniat traveling ke Surabaya.

Baca Juga: Jembatan Merah, Destinasi Wisata Surabaya yang Jadi Saksi Biksu Perjuangan Arek-Arek Suroboyo

Para Traveler bisa belajar sejarah sambal menikmati keindahan monument Tugu Pahlawan, terlebih lagi pada saat malam hari, dengan sorotan lampu yang berwarna warni menambah keindahan Tugu Pahlawan sebagai tempat wisata di Surabaya

Setiap hari, tidak sedikit warga Surabaya yang datang ke Monumen Tugu Pahlawan untuk berolahraga, Terlebih pada saat hari Libur atau Weekand.

Bagi yang ingin berkunjung ke Monumen Tugu Pahlawan, Tugu Pahlawan terletak di Surabaya Utara, tepatnya di Jl.Pahlawan, Jl. Bubutan, Jl. Tembaan, dan Jl. Kebon Rojo dekat dengan Kantor Gubernur Jawa Timur.

Sekilas Monumen Tugu Pahlawan mempunyai tinggi 40,45 meter dengan diameter 3,10 meter dan bagian bawah berdiameter 1,30 meter, diperindah ornament ukiran “Trisula” bergambar Cakra, Stamba, dan Padma sebagai simbol Api Perjuangan.

Museum 10 November

Disekitar Monument Tugu Pahlawan, juga dibangun museum Sepuluh Nopember, Museum sejarah yang berisikan tentang ulasan seluk beluk Monumen Tugu Pahlawan, tidak sedikit ulasan keberanian arek-arek Suroboyo pada pertempuran 10 Nopember, Museum yang berbentuk pyramid ini punya banyak koleksi, seperti rekaman Pidato Bung Tomo pada saat membangkitkan semangat arek-arek Suroboyo, benda peninggalan Bung Tomo, Senjata yang digunakan pada saat melawan sekutu.

Selain melihat Koleksi Musem, para pengunjung disuguhkan film documenter bagaimana keberanian arek-arek Suroboyo saat melawan penjajah.

Patung Presiden Ir. Soekarno dan Wakil Presiden Muhammad Hatta

Di area Tugu Pahlawan juga berdiri patung Presiden Ir. Soekarno dan Wakil Presiden Muhammad Hatta sedang membacakan teks proklamasi didepan pilar reruntuhan bangunan yang bertuliskan pembangkit semangat sebagai simbol jika Surabaya adalah The Heroes City

Didepan Patung inilah oleh Warga Surabaya atau traveler dimanfaatkan untuk berselfie, tidak jarang para fotografer memanfaatkan patung Presiden Ir. Soekarno dan Wakil Presiden Muh Hatta untuk mengambil angle foto yang menarik, selain itu disekiling Tugu Pahlawan juga ditempatkan patung-patung bukti perjuangan arek arek Suroboyo melawan penjajah

Bagi para dulurku yang mau ke Surabaya, luangkan waktu untuk mengunjungi salah satu tempat wisata di Surabaya yaitu monument Tugu Pahlawan, selain berwisata, kamu bisa belajar sejarah perjuangan Arek-Arek Suroboyo dalam melawan penjajah, tidak ada pungutan biaya apapun kecuali kamu pingin masuk museum 10 Nopember.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

5 Tempat Belanja Online Berikan Promo Ramadhan dan Lebaran 2018

Jembatan Merah, Destinasi Wisata Surabaya yang Jadi Saksi Biksu Perjuangan Arek-Arek Suroboyo