Belajar dari Inovasi Apple – Design Thinking and Innovation

Situastion / General Information

Apple merupakan salah satu perusahaan multinasional yang mempunyai nilai valuasi perusahaan sangat tinggi, sesuai informasi dari study case Design thinking and innovation at apple, pada tahun 2012 tercatat harga saham apple tembus mencapai $600, mengungguli harga saham General Electric dan Sonny Corporation.

Sampai saat ini pun tahun 2018, sesuai informasi yang dirilis oleh BBC, Apple telah mencatat sejarah sebagai perusahaan yang berhasil mencatatkan diri sebagai perusahaan yang pertama kali yang memiliki nilai valuasi mencapai 1 triliun Dollar dengan harga saham mencapai $217,94 yang mengungguli nilai valuasi Amazon dan Microsoft.

Sesuai informasi dari artikel Design Thinking and Innovation at Apple, sejak berdiri tahun 1976 Apple focus pada a leading designer and integrator of computer hardware and software, pada tahun 2012 apple terus berbenah dan berinovasi yang awalnya hanya membuat computer, mobile telephone and retail industry menjadi perusahaan yang menciptakan designer and integrator of computer hardware and software yang sleek products, innovative store and new business models.

dengan melihat keberhasilan Apple sebagai salah satu perusahaan yang mencatatkan nilai valuasi tertinggi serta keberhasilna-keberhasilan lain, secara tidak langusng dapat disimpulkan pasti ada strategi-strategi bisnis yang dilakukan oleh manajemen Apple khususnya oleh Stave Jobs saat itu dan dilakukan oleh Tim Cook saat ini.

Theory Approach

Jika berbicara mengenai strategy tata cara pengembangan bisnis sesuai teori dari Schuler and Jackson pada kasus bisnis Apple, dapat dilihat dari 1 pendekatan strategy bisnis yaitu Innovation Strategy dengan karakteristik masing-masing. Yaitu

Karateristik Innovation Strategy

  • High degree of creativity
  • Longer term Focus
  • High degree of cooperation and interdependence
  • Equal attention to process and results
  • High degree of risk-taking
  • High toleran of ambiguity

Lesson Learned

Hal apa saja yang bisa dipelajari dari fenomena keberhasilan Apple sebagai perusahaan multinasional dalam menjalankan bisnisnya, untuk bertahan sampai dengan saat ini pastinya apple melakukan serangkaian strategi-strategi bisnis utuk mendukung keberhasilan dari bisnisnya,

Sebenarnya hal apa yang dilakukan oleh apple sehingga bisnisnya dapat bertahan sampai dengan saat ini, mengingat saat ini tidak sedikit competitor yang terjun di bisnis yang sama dengan yang dilakukan apple.

Berikut success strategy yang dilakukan oleh apple dalam menjalankan bisnisnya, sesuai informasi yang terdapat pada study case design thinking and innovation at apple, dapat dilihat dari 3 demensi dari strategy Innovation yang dilakukan oleh apple yaitu:

  • Customer Excitement
  1. Platform Offering: Apple konsisten dalam mengembangkan produknya dalam bentuk platform, pengguna akan merasa tidak asing menggunakan produk apple pada tahun 1978 dengan produk apple saat ini, karena meskipun berbeda dalam hal bentuk tetapi cara penggunaanya tidak jauh berbeda.
  2. Brand Value Enhancement: Apple tidak hanya membuat produk, tetapi apple membuat life style experiences, apple berhasil membuat produknya menjadi bagian dari life style, produk apple tidak hanya sekedar computer atau handphone hanya untul telephone melainkan memberikan value berupa produk leisure / life style pengguna
  3. Co-Creation: Apple berhasil membentuk pelanggan yang loyal, selain sebagai pengguna loyal produk yang dibuat oleh apple, pelanggan yang loyal ini juga dapat memberikan feedback tentang produk yang dibuat oleh apple sehingga akan sangat bermanfaat pada saat pengembangan produk selanjutnya.
  4. Untuk menarik minat atau keingin tahuan pengguna apple atas produk yang akan diluncurkan, biasanya apple akan melakukan serangkaian kegiatan untuk launching produk, apple akan mengumumkan terlebih dahulu produk yang akan diluncurkan dengan mencantumkan berbagai keunggulan serta apple akan mempersiapkan semua hal untuk launching produk, keterlibatan CEO juga sangat menentukan pada saat launching
  5. Sebagai salah satu perusahaan yang menekankan pada innovative strategy, hal yang menarik yang perlu diketahui adalah perusahaan tersebut cenderung perusahaan yang rist taker, sebagaimana apple, apple punya jalan sendiri untuk menuju sukses, tidak menjadi follower, melainkan mempunyai jalan sendiri sesuai dengan jalan yang telah ditetapkan oleh apple.
  • Competitive Leadership
  1. Experiment: Apple termasuk perusahaan yang berani bereksperiment, disaat perusahaan lain cenderung menitikberatkan pada market push, Apple melakukan hal lain dengan cara berkesperiment dengan strategy baru, dapat diceritakan pada study case design thinking and innovation at Apple, saat para pesaing focus pada system pemasaran distribusi langsung, apple memilih menjualnya dengan system retail dengan cara membuka showroom Apple.
  2. Excellent Execution: dengan pertimbangan yang matang dan dapat dipertangung jawabkan, apple merupakan perusahaan yang excellent execution, execellent execution sangat erat dengan keberadaan CEO, pada study case design thinking and innovation at apple dapat dilihat bahwa Stave Jobs memutuskan untuk tidak melanjutkan 70 project melainkan hanya memilih beberapa project yang dilihat potensial, begitu juga dengan keputusan untuk tidak menggunakan Operating system Linux melainkan mengembangkan Operating system sendiri
  3. Commitment and Enthusiasm: tidak hanya sekedar bekerja, tetapi adanya Commitment and Enthusiasm dalam mengerjakan pekerjaan, inilah yang menjadi corporate culture Apple, Apple berhasil membangun budaya perusahaan Commitment and Enthusiasm dalam bekerja.
  4. CEO as Innovator: CEO berperan penting bagi strategy Innovation yang dijalankan Apple, CEO bertanggung jawab untuk memutuskan innovasi yang akan dijalankan perusahaan
  • Portfolio Enrichment

Differentiation Product: apple berhasil membuat produk yang berbeda dengan pesaing, pada saat pesaing focus hanya pada produksi Handphone, Apple berhasil membuat handphone sebagai bagian dari Life style.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

5 Pelabuhan Indonesia Tawarkan Destinasi Wisata yang Menarik

Penyebab Bangkrutnya Nokia dan Kodak, Pastikan Bisnismu Tidak Bernasib Sama!