in ,

5 Usaha Sampingan Yang Cocok untuk Pelajar Jaman Now

youtube

Tidak bisa dipungkiri menjadi entrepreneur muda terbilang cukup menyenangkan di era industri creative dan ekonomi kerakyatan seperti sekarang ini, tak jarang pula entrepreneur kelas wahid hasil dari kerja keras saat mereka masih muda, awalnya hanya usaha sampingan, tetapi lambat laun menjadi bisnis yang besar, seperti halnya Yasa Singgih yang memulai bisnis Fashion Men’s Republic miliknya disaat masih mengenyam pendidikan Sekolah Menengah Atas.

Memulai usaha meskipun hanya berawal dari usaha sampingan sejak masih muda memang memberikan keuntungan tersendiri, keuntungan bisa belajar secara langsung, keuntungan mendapatkan pengalaman baru atas usaha yang dijalankan, mengasah dan melatih mental jadi entrepreneur, mengasah pikiran untuk terus berpikir maju dan yang paling penting adalah keuntungan bisa mendapatkan penghasilan sendiri.

Jadi banyak sekali manfaat dan keuntungan yang didapatkan saat jadi entrepreneur muda, bahkan dengan usaha kamu bisa membantu orang tua dan menaikkan status social di lingkungan, berikut ini adalah Usaha sampingan yang cocok untuk pelajar Jaman Now

1. Bisnis Custom

Bisnis custom adalah salah satu bisnis yang saat ini sangat digandrungi, terutama dikalangan anak muda, diera industry creative seperti saat ini bisnis custom memiliki paar yang cukup menarik dan cukup besar di Indonesia, bisnis seperti ini sedang rame-ramenya menjadi mata pencaharian sampingan maupun utama di Indonesia.

Baca Juga: 5 Bisnis Sampingan Karyawan Dengan Modal Kecil Yang Menjanjikan

Bisnis Custom menawarkan produk yang beda, unik dan gak pasaran, karena bisnis ini menawarkan produk sesuai dengan keinginan customernya, jika dahulu ada DELL yang menawarkan perangkat Komputer yang sesuai dengan keinginan para penggunanya, saat ini system ini dipakai untuk bisnis yang lebih beragam, seperti contoh sablon kaos / pakaian yang sesuai dengan foto/design yang diinginkan customer.

Modal memulai bisnis custom ini, kamu cukup punya creativitas dan sikap gigih, pertama tama kamu harus cari produsen terbaik, jika bisnis kaos custom berarti harus cari produsen kaos polos terbaik, setelah dapat produsen terbaik tawarkan ke calon customer kalian, setelah ada calon customer dan setelah menentukan custom kaos yang diminta, jangan lupa minta down payment (DP) nya terlebih dahulu, karena dalam bisnis ini rawan akan cancel order.

2. Jadi Guru Les

Buat kalian yang punya prestasi dibidang mata pelajaran di Sekolah atau Kuliah, tak ada salahnya jika kalian buka jasa les privat, hitung-hitung jadi usaha sampingan kalian, kalian bisa dapat penghasilan tambahan dari menjadi guru les privat.

Yang harus kamu tahu, tak sedikit orang tua yang ingin memasukkan les anak-anaknya untuk menunjang proses belajar mengajar di sekolah, tetapi dengan kendala tertentu, seperti kendala harga jasa les yang begitu mahal atau karena jarak tempus tempat les lumayan jauh, orang tua mau memutuskan untuk diajarin sendiri biasanya juga terkendala oleh waktu.

Untuk itu, dari permasalah-permasalahan yang ada, kalian bisa ambil kesempatan ini untuk menawarkan jasa menjadi guru les, pastinya dengan metode pembelajaran yang efektif dan tak kalah penting tawarkan jasa Les dengan harga yang kompetitif.

Manfaat menjadi guru les selain kalian mendapatkan penghasilan sendiri, ilmu yang kalian miliki juga terus terasah.

Perlu diingat, jadi guru les tidak hanya bagi yang punya prestasi di akademik, melainkan juga bagi kalian yang punya keahlian tertentu seperti bermusic atau design, dsb kalian juga bisa tawarkan keahlian kalian ini untuk menjadi guru les.

3. Jualan makanan di Sekolah

Siapa bilang jualan makanan di Sekolah itu jadul, gak gaul, malu maluin orang tua. Dapat dipastikan semua persepsi itu salah, bahkan salah besar. Andai kalian tahu saat ini bisnis kuliner masih menjadi salah satu bisni yang paling menjanjikan walaupun itu hanya sebatas usaha sampingan jualan makanan di sekolah, kalian bisa berjualan pada waktu jam istirahat sekolah atau memakai system pre order, yang penting kegiatan usaha sampingan jualan makanan di sekolah jangan sampai mengganggu proses belajar mengajar kalian di sekolah.

Baca Juga: 5 Peluang Usaha Yang Menjanjikan di Sekitar Kampus Yang Perlu Kamu Coba

Tips bagi kalian yang malu atau minder untuk berjualan langsung di sekolah, kalian bisa titipkan jualan kalian di koperasi atau kantin sekolah, kalian bisa tawarkan dengan cara bagi hasil, setiap makanan yang terjual, sebagian keuntungan yang diperoleh diberikan kepada koperasi atau kantin sekolah, koperasi atau kantin sekolah pasti tertarik menjual makanan kalian jika makanan yang kalian jual bisa laku keras dan tidak mengganggu bisnis utama koperasi atau kantin sekolah tersebut.

Terus bagaimana cara memulai bisnis menjual makanan di sekolah, langkah pertama yang perlu kalian perhatikan adalah siapa yang akan membeli makanan yang kalian jual, jika kalian jualan makanan di sekolah berarti kebanyakan customer kalian adalah murid sekolah, untuk itu kamu bisa jualan makanan yang digandrungi oleh para murid, mungkin kalian jualan camilan pedes, atau pentol pedes, atau makanan yang lagi hits dikalangan anak muda.

Setelah kalian sudah memutuskan makanan aoa yang akan dijual, tugas kalian selanjutnya adalah buatlah kemasan semenarik mungkin, lalu tentukan harga jualnya, harganya dipastikan sesuai dengan uang saku para murid, jangan sampai terlalu mahal dan yang terakhir adalah perhatikan kualitas kebersihan makanan dan rasa makanan, jangan sampai kamu jual makanan dengan kemasan yang menarik tetapi rasanya kurang enak atau bahkan gak enak, kalua sampai terjadi usaha jualan makanan yang kamu lakukan dipastikan tidak akan bertahan lama.

4. Menjadi freelancer digital

Kita tak bisa melawan jaman, jalan satu satunya adalah kita harus menyesuaikan dengan jaman, kita harus memilih dan memilah sesuai dengan adat ketimuran yang kita punya, memilah dan memilih mana yang positif dan mana yang negative, termasuk internet.

Baca Juga: 5 Cara Mencari Uang Di Internet Yang Terbukti Menghasilkan Yang Perlu Kamu Tahu

Jika kalian suka mengkases internet dan punya keahlian tertentu seperti bermusic atau mendesign, kenapa kalian kok tidak mencoba untuk menjadi freelancer, mencoba dan mencari kesempatan menjadi freelancer dibidang digital, bagi kalian yang masih pelajar, kesempatan ini sangatlah menjanjikan, kalian bisa tawarkan jasa penulis artikel, jasa programmer, menglola blog, atau tawarkan jasa sesuai dengan keahlian yang kalian miliki.

5. Jualan Online

Saat ini mau jualan tak perlu punya tempat, cukup kamu bisa akses internet atau media social, kalian sudah bisa lakukan kegiatan jualan online ini, saat ini tidak sedikit yang melakukan jualan online, bagi yang tak punya banyak modal, kamu juga bisa memanfaatkan jasa reseller, kamu bisa menjualkan produk orang lain dan mengambil keuntungan dari margin harga yang kalian tawarkan.

Bagaimana cara memulaianya, caranya adalah bagi kamu yang tidak punya produk sendiri untuk dijual, kamu bisa toko yang menawarkan jasa reseller, pastikan toko yang menawarkan jasa reseller tersebut dapat dipercaya, lalu setelah kamu mendapatkan toko yang terpencaya, kamu bisa mulai tawarkan produk menggunakan media social atau toko online atau saat ini sudah banyak market place yang bisa kamu manfaatkan untuk jualan online.

What do you think?

1 point
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Inspirasi Hidup Handry Satriago, Pimpin GE Indonesia dari Atas Kursi Roda

Moslem Fashion Festival – Royal Plaza Surabaya – 12 s.d 14 Oktober 2018