5 Tips Memilih Usaha Sampingan Berdasarkan Hobi

Siapa yang tak suka punya usaha sampingan berdasarkan hobi, pastinya semua orang akan bilang suka jika punya usaha sesuai dengan hobi. Kebanyakan orang akan bekerja lebih giat 2 kali lipat jika pekerjaan tersebut sesuai dengan hobi yang dipunyai, bahkan orang itu akan rela meluangkan waktu lebih jika perkerjaan yang dikerjakan sesuai hobinya.

Hal ini tidak berbeda pada saat kita memilih usaha sampingan yang ingin kita jalankan yang sesuai dengan hobi kita, berikut 5 Tips Memilih Usaha Sampingan Berdasarkan Hobi

Buat List dan rangking Hobi yang Kamu

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan adalah terlebih dahulu kamu membuat daftar List sebanyak mungkin Hobi yang kamu punya, pastikan semua yang ada di list daftar adalah hal-hal yang kamu suka.

Baca Juga: 5 Bisnis Sampingan Karyawan Dengan Modal Kecil Yang Menjanjikan

Lalu lanjutkan dengan membuat rangking dari daftar list yang kamu buat, berikan nilai mungkin rang 1 sampai dengan 10, 1 untuk Hobi yang tidak seberapa kamu suka dan 10 untuk hobi yang paling kamu sukai, lalu urutkan dari nilai tertinggi ke nilai terendah.

pastikan yang kamu pilih adaah hobi yang paling kamu sukai, karena hal ini akan mempermudah saat kamu sudah menjalankan usaha sampingan berdasarkan hobi ini, secara tidak langsung akan ada semangat tersendiri jika itu memang benar-benar dari hobi yang kamu sukai.

Cari Referensi sebanyak mungkin tentang Hobi kamu

Langkah selanjutnya untuk memilih peluang usaha sampingan berdasarkan hobi adalah dengan mencari referensi sebanyak mungkin tentang hobi yang sudah kamu pilih, kamu bisa cari referensi di google atau di toko buku, hal ini diperlukan untuk menambah referensi pengetahuan tentang seluk beluk hobi yang kamu sukai.

Pastikan kamu rela membaca referensi sebanyak mungkin tentang hobi yang kamu suka, semakin banyak referensi yang kamu dapatkan akan membuatmu lebih mudah dalam mencari cara memonitasi usaha sampingan berdasarkan hobi yang kan kamu jalankan.

Ambil contoh jika kamu suka sekali dan hobi memasak, pastinya kamu ingin menghasilkan masakan yang enak dan unik, untuk itu perlu referensi dari buku atau google resep masakan, bumbu serta tata cara memasak yang baik serta bagaimana cara menyajikan makanan agar lebih bagus dilihat dan enak dirasakan.

hal ini akan memperbanyak perbendaharaan idemu saat kamu menjalanakan usaha berdasarkan hobi yang kamu pilih.

Cari Cara Bagaimana Memonitasi Hobi Kamu

Inilah langkah yang paling penting disaat kamu ingin memilih usaha sampingan bersadarkan hobi, yaitu bagaimana cara memonitasi hobi kamu yang intinya adalah bagaimana cara menghasilkan uang dari hobi yang kamu punya.

Baca Juga: 5 Peluang Usaha Rumahan bermodal Kecil yang Cocok buat Ibu Rumah Tangga

Ambil contoh jika kamu punya hobi memasak, yang perlu dicari adalah bagaimana cara menghasilkan uang dari kegiatan memasak yang kamu lakukan. Mungkin jika contohnya hobi memasak akan lebih gampang, kalua kamu punya hobi memancing bagaimana? Apa yang bisa dimonitasi dari hobimu memancing.

Jika memancing mungkin bukan kegiatannya yang bisa dimonitasi, melainkan dengan pengetahuan yang kamu punyai ditambah dengan referensi yang mengenai memancing, kamu bisa buat blog mengenai tips memancing atau menjual alat-alat memancing, begitu juga dengan hobi yang lain.

Amati, Tiru, dan Modifikasi lalu Inovasi

Selain mencari referensi sebanyak mungkin tentang hobi yang kamu sukai, kamu disarankan cari informasi usaha yang sejenis sesuai dengan hobimu, amati usaha sejenis yang sesuai dengan hobimu dengan mencari dan mengetahui mana model yang akan kita adopsi.

Lalu Tiru dan Modifikasi dengan mengambil hal-hal yang bagus pada usaha yang sejenis dan menambahi dengan hal-hal yang baru.

Baca Juga: 5 Peluang Usaha Yang Menjanjikan di Sekitar Kampus Yang Perlu Kamu Coba

Dan selanjutnya adalah inovasi, pastikan usaha sampingan yang kamu jalankan tidak sama dengan usaha sejenis, dalam artian disini dibutuhkan diferensiasi akan nilai atau produk yang kamu tawarkan, ambil contoh karena kamu hobi memancing kamu ingin memulai usaha sampingan menjual alat-alat memancing, buat perbedaan nilai atau produk alat-alat memancing yang ditawarkan, kalua dari produk sama mungkin nilai yang bisa menjadi pembeda, mungkin pesaing tidak ada member cardnya, toko kamu ada member cardnya yang apabila mencapai poin tertentu berhak ikut event mincing dilaut bersama para pemancing professional, dll

Buat Perencanaan Usaha yang sesuai dengan Hobi Kamu

Yang terakhir buat perencanaan atas bisnis sampingan berdasarkan hobi yang ingin kamu jalankan, buat sedikit overview tentang, analisa industry bisnis yang ingin kamu jalankan, Renca produksi, rencana pemasaran, analisa target pasar, Resiko Plus dan Minusnya dan yang terpenting adalah analisa keuangan yang berisi tentang jumlah modal awal, biaya operasional dan perkiraan omzet yang akan dihasilkan dalam sebulan.

AKHIR KATA

Sekian 5 Tips Memilih Usaha Sampingan Berdasarkan Hobi berikut, mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi kamu yang ingin memiliki usaha sampingan yang sesuai dengan hobi yang kamu miliki.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

5 Bisnis Sampingan Karyawan Dengan Modal Kecil Yang Menjanjikan

5 Kuliner Yang Wajib Kamu Coba Saat Wisata Kuliner di Surabaya