in

5 Tips Belanja Online di Media Sosial Agar Aman, Pastikan Teliti Sebelum Membeli

Bruce Mars I www.pexels.com

Tips belanja online buat kamu yang suka melakukan belanja online di media sosial, yang perlu kamu ingat sebelum kamu memutuskan belaja online di media social adalah tidak semua barang yang ditawarkan di media social itu bagus, terkadang ada juga barang yang dijual tidak sesuai dengan yang dipajang di media social, untuk itu pasti perlu berhati hati sebelum memutuskan untuk membeli, lebih baik ceck and riceck terlebih dahulu.

Bukan berusaha untuk menakut nakuti atau malahan melarang kamu untuk berbelanja online di media sosial, tapi ayo sama-sama saling mengingatkan untuk berhati-hati, coba bayangkan siapa yangenggak tergiur melihat barang favorit kamu di jual di media social, dengan harga yang murah pula, pasti kamu akan langsung tergiut untuk langsung membelinya, tapi eiitsss tunggu dulu, harga murah boleh, barangnya kelihatan bagus boleh, tapi sekali lagi ceck terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk berbelanja online di media social.

Mari kita abaca sedikit 5 tips belanja online di media sosial agar aman dan terhindar dari penipuan, di foto kelihatan bagus tetapi kenyataannya setelah barang diterima tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Comment / Tertimoni Pembeli

Comment / testimoni pembeli bisa digunakan menjadi acuan sebelum kamu memutuskan untuk belanja online di media sosial, jangan sampai karena harga murah, barang dirasa bagus, kamu langsung percaya barang-barang yang dijual bagus, lebih baik kamu luangkan waktu dan teliti terlebih dahulu comment pembeli yang lain terlebih dahulu.

Baca Juga: 5 Manfaat Kulit Jeruk bagi Kesehatan Tubuh Yang Perlu Kamu Tahu

Kamu bisa scroll ke bawah membaca comment pembeli lain, jika kamu menemukan banyak keluhan di kolom komentar, lebih baik berpikir ulang untuk memutuskan belanja online di media sosial tersebut, tetapi jika kamu menemukan komentar yang bagus atas kualitas dan barang yang dijual, boleh tuh menjadi salah satu penilaian plus sebelum kamu memutuskan belanja.

Cari Penjual yang memiliki Website Resmi

Memang memiliki website bukan merupakan satu-satunya acuan jika penjual bisa langsung di percaya, tetapi dengan memiliki website sendiri, penjual berusaha untuk memberikan kepercayaan kepada calon pembeli.

Di website tersebut, kamu dapat melihat keseluruhan barang yang dijual, kamu juga bisa melihat profil sang penjual, pastikan website tersebut terdapat informasi tentang penjual, bahkan terdapat foto dan alamat toko offline si penjual jika penjual punya toko offline.

Biasanya penjual di media sosial yang sudah terpercaya mempunyai website remi yang menawarkan cara pembayaran yang jauh lebih diperacaya, atau setidaknya saat ini penjual yang punya website di marketplace seperti bukalapak, tokopedia ataupun shoppe.

Telili Gambar Produk yang dijual

Telili sebelum membeli, begitu juga dengan meneliti gambar produk yang dijual, pastikan produk yang dijual sesuai dengan produk aslinya.

Baca Juga: 5 Situs Internet Untuk Mengirim File Berukuran Besar secara Gratis

Tak jarang kita temukan gambar produk tidak sesuai dengan produk aslinya, di foto terlihat lebih bagus tetapi kenyataannya aslinya tidak sama atau bahkan berbeda. Kalau sudah terlanjut seperti itu pastinya kan kecewa, untuk itu tak salah jika kamu baca testimony terlebih dahulu.

Intinya jangan bosan-bosan membaca testimony di kolom komentar lerlebih dahulu sebelum memutuskan untuk belanja online di media sosial.

Metode Pembayaran

Sedikit sekali penjual di media sosial punya metode pembayaran yang aman, tak jarang metode pembayaran hanya dengan modal kepercayaan produk yang dibeli pasti akan dikirim sesuai dengan pesanan, untuk itu tak dapat dipungkiri jika banyak penipuan terjadi pada saat proses pembayaran, ada orang yang sudah transfer tetapi produk yang dipesan tak kunjung datang, ada juga pembeli yang mengaku sudah melakukan pembayaran tetapi dilihat di rekening tidak kunjung masuk, dan masih banyak lagi kasus penipuan saat melakukan pembayaran.

Baca Juga: 5 Aplikasi Yang Wajib Ada di HPmu Agar Mudik Jadi Tenang dan Tambah Asyik

Untuk itu, kamu harus benar-benar berhati hati ketika akan melakukan pembayaran, pastikan semua bukti pengiriman disimpan dan no rekening benar.

Bandingkan Harga

Sebisa mungkin jangan hanya terpaku pada satu atau dua tempat belanja online, tetapi sebisa mungkin kamu bandingkan harga dengan tempat belanja online lainnya, hal ini juga penting karena kamu dapat melihat harga wajar dari barang yang ingin kamu beli, kadang penjual ada yang menjual barang dibawah harga pasar, jika kamu menemukan hal sepeti ini, kamu harus berhati-hati, jangan sampai barang yang kamu terita tidak sesuai dengan foto atau deskripsi barang yang kamu baca.

Untuk itu coba kamu cari dan bandingkan harga dengan toko online lain, karena tak jarang toko online menjual barang yang sama tetapi harganya jauh berbeda.

Berikut 5 Tips Belanja Online di media sosial agar aman, kami harap tips belanja online ini dapat bermanfaat, nantikan tips-tips yang lain dari kami. Salam

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bursa Kerja Polinela – Politeknik Negeri Lampung – 12 s.d 13 Oktober 2018

BUMN Career Opportunity – Grand City Surabaya – 03 s.d 06 Oktober 2018