in

5 Kiat Sukses Chairul Tanjung, Orang Terkaya Ke-6 di Indonesia

youtube

5 Kiat Sukses Chairul Tanjung bukan hanya teori belaka, melainkan pengalaman nyata yang memang dilakukan oleh seorang Chairul Tanjung, Bos CT Corp orang terkaya ke-6 di Indonesia.

Diceritakan dalam bukunya Chairul Tanjung Si Anak Singkong, beliau adalah bukan dilahirkan dari orang yang berada, lulusan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia ini dilahirkan dari seorang yang biasa-biasanya saja, Bapaknya hanya berprofesi sebagai wartawan Orde Lama yang berpenghasilan minim.

Chairul Tanjung dilahirkan di daerah Cibadak Jawa Barat 16 Juni 1962, masa kecilnya dihabiskan di Jakarta dengan berkseolah di SD dan SMP Van Lith pada tahun 1975, melanjutkan sekolah ke SMA Negeri Boedi Oetomo pada tahun 1981 dan lulus Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia pada tahunn1987 dan berhasil mendapatkan gelar MBA pada tahun 1993.

Meskipun beliau merupakan lulusan dari Fakultas Kedokteran, jiwa bisnisnya tidak bisa dibendung, beliau ingin berbisnis di sector multimedia, Property hingga keuangan. Dan hebatnya saat ini kita sudah melihat bukti secara nyata beliau merupakan pemilik CT Corp yang membawahi semua sector bisnis yang beliau inginkan dulu.

Baca juga: Inspirasi Hidup Handry Satriago, Pimpin GE Indonesia dari Atas Kursi Roda

Bisnis Chairul Tanjung dimulai ketika beliau kuliah, awalnya beliau mulai jualan buku, membuka foto copy di Kampus, serta jasa pembuatan kaos, bisnis ini semata mata untuk membiayai semua kebutuhan kuliahnya, setelah lulus kuliah dari fakultas kedokteran, beliau sempat merintis bisnis toko peralatan kedokteran dan laboratorium, tetapi sayangnya semua berakhir dengan kebangkrutan.

Disela-sela merintis bisnis, beliau juga sempat bekerja di perusahaan baja dan rotan sebelum memutuskan untuk memulai bisnis sepatu dengan ketiga orang temannya, bisnis sepatu ini terbilang sukses, beliau dan kedua temannya berhasil mengeksport sepatunya sampai ke Italia.

Tetapi Chairul Tanjung tidak bertahan lama di bisnis sepatu ini, dia memutuskan untuk keluar dan mendirikan dan merintis bisnisnya sendiri.

Chairul Tanjung memang dikenal dengan pribadi supel, gampang bergaul dengan orang lain, sehingga dia mampu membangun relasi dengan begitu baik, dia bisa mengatur bisnis corporasinya, dari sector keuangan, property, hingga multimedia, dia juga pernah didaulat menjadi Menteri Kehutanan Indonesia dan Menteri Energy Dan Sumber Daya Mineral pada masa presiden ke 6, dan akhir akhir ini lebih senang mengakuisisi perusahaan-perusahaan lain.

Bagaimana seorang Chairul Tanjung bisa mendapatkan itu semua, bisa berhasil merintis bisnisnya seperti yang terlihat saat ini, beikut 5 kiat sukses Chairul Tanjung, Orang Terkaya ke-6 di Indonesia

Aktiflah di Organisasi

Selain kuliah harus berprestasi, selama kuliah kalian juga wajib ikut dan aktif di organisasi, menurut Chairul Tanjung, organisasilah yang akan melatih kemampuan leadership dan management kalian, dengan organisasi kita dilatih untuk berbicara di depan orang, dilatih untuk mencoba menyakinkan orang, dengan organisasi kita dapat belajar berelasi, mengembangkan relasi dan banyak sekali hal positif lainnya yang bisa didapat dari organisasi.

Baca juga: Kisah Sukses Pengusaha Muda Indonesia Elang Gumilang Si Pengusaha Properti

Bagi kalian yang masih duduk di bangku kuliah, manfaatkan moment kuliah kalian, perbayak relasi dan ikutlah organisasi, apapun organisasinya, yang penting bisa membawa ke hal positif, ikuti saja.

Bekerja Lebih keras

Chairul Tanjung punya sebuah prinsip, dalam bekerja, bekerjalah lebih giat dari orang lain, tidak ada kesusksesan yang instan, semua harus berproses, bahwa tuhan itu tidak akan memberikan kesuksesan lebih pada orang yang kurang bekerja dibandingkan dengan orang yang lebih bekerja keras.

Lakukan Pekerjaan Secara Detail

Tidak ada proses yang bisa didapat secara instan dan grusa grusu, untuk itu bekerjalah secara detail, sehingga semua pekerjaan yang dikerjakan dilakukan dengan proses yang benar, strateginya benar, implementasinya benar, dimonitor secara detail harian mingguan, bulanan sehingga pekerjaan dapat berjalan dengan baik.

Jangan Pernah Menjadi Kacang Yang Lupa Kulitnya

Chairul Tanjung percaya sekali bahwa apa yang beliau dapatkan saat ini itu karena hubungan yang baik, jangan pernah lupa pada orang yang pernah membantu kalian, meskipun bantuan itu adalah hal yang sederhana.

Baca juga: 5 Film Yang Wajib Kamu Tonton Jika Ingin Jadi Pengusaha

Dicontohkan oleh beliau, beliau selalu ingat akan bantuan temannya yang punya percetakan kecil sehingga beliaa bisa mendapatkan fasiltas tak perlu membayar DP terlebih dahulu, dibayar dikemudian hari setelah beliau mendapatkan penghasilan dari hasil jasa foto copy tersebut.

Cari Pemicu Yang Membuat Anda Tetap Semangat Bekerja

Mendapatkan penghasilan yang pertama itu meskipun kecil kenikmatannya luar biasa, kata Chairul Tanjung, moment tersebut yang menjadi triger untuk mendapatkan penghasilan lainnya yang jauh lebih besar, memulai adalah sesuau yang sulit, menciptakan penghasilan pertama itu adalah sesuatu yang luar biasa.

Betikut 5 kiat sukses Chairul Tanjung dalam memulai dan menjalankan semua bisnisnya.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mega Career Expo – Istora Senayan – 25 s.d 25 Oktober 2018

Inspirasi Bisnis dari Owner VoriaSocks, Dara Cantik Yang Sukses Jualan Kaos Kaki Beromset 200jt per Bulan