in

5 Hobi Yang Bisa Kamu Jadikan Bisnis Yang Menguntungkan

Siapa bilang hobi hanya bisa menghabiskan uang, hobi juga bisa buat kamu dapat uang dan hobi juga bisa kamu jadikan bisnis yang menguntungkan, coba bayangkan saja seberapa enaknya jika kamu bisa dapat uang dari hobi, pekerjaan apa yang paling menyenangkan di dunia, pastinya pekerjaan yang berawal dari hobi.

Ridwan kamil pernah berkata “Pekerjaan yang paling menyenangkan di dunia adalah Hobi yang dibayar”, siapa yang tak suka, pastinya banyak orang suka dari Hobi yang dibayar, untuk itu dalam memulai bisnis, usahakan bisnis yang berasal dari hobi, kenapa harus berasal dari hobi? Jawabannya simple, kamu akan mengerjakan bisnis seperti halnya kamu lakukan hobi mu, hati senang dan semangatnya pasti double.

Sebelum memulai berbisnis, usahakan untuk berpikir sejenak apa hobi kamu, hal apa yang paling kamu sukai, lebih lengkapnya baca terlebih dahulu tips memilih usaha berdasarkan hobi.

Berikut ini ada 5 Hobi Yang Bisa Kamu Jadikan Bisnis Yang Menguntungkan

Hobi Traveling

Jalan-jalan atau traveling tidak hanya bisa untuk menghabiskan uang, tetapi hobi jalan jalan atau traveling ini bisa kamu jadikan bisnis yang menguntungkan. Banyak hal yang bisa kamu lakukan dari hobi jalan-jalan atau traveling, salah satunya menjual perlengkapan yang dibutuhkan saat traveling, seperti tas ransel, sepatu gunung, tenda, baju renang dsb.

Baca Juga: 5 Bisnis Sampingan Karyawan Dengan Modal Kecil Yang Menjanjikan

Selain menjual perlengkapan traveling, kamu juga bisa membuat blog atau buku yang berisi foto dan tulisan seputar pengalamanmu traveling, lalu kamu bisa menawarkannya ke penerbit untuk diterbitkan.

Hal lain yang dapat kamu buat bisnis yang menguntungkan dari hobi travelingmu, kamu bisa buka jasa guide local atau jasa travel traveling ke destinasi yang pernah kamu kunjungi.

Hobi Menulis

Jangan pandang sepele jika kamu punya hobi menulis, karena hobi ini bisa kamu jadikan bisnis yang menguntungkan, tak sedikit orang yang berhasil dari hobi menulis, ambil contoh Andrea Hirata penulis novel trilogy lascar pelangi atau Ahmad Fuadi penulis Novel Negeri Lima Menara dan yang paling fenomenal J.K Rowling penulis Novel Harry Potter.

Selain membuat blogger atau membuat buku, kamu juga bisa menawarkan jasa freelance writer atau penulis lepas, kamu bisa tawarkan hasil artikel kamu ke situs-situs yang mau menerima tulisanmu, saat ini banyak situs yang menerima jasa freelance writer.

Hobi bermain music atau bernyanyi

Selain bisa membuat group band dengan hobi bermusic atau bernyanyi kamu bisa membuka jasa les bernyanyi dan les bermusic, hal yang perlu kamu lakukan hanya menawarkan ke orang-orang jika kamu membuka les music atau bernyanyi, mungkin dengan sebar brosur atau tawarkan saja lewat social media.

Baca Juga: 5 Peluang Usaha Rumahan bermodal Kecil yang Cocok buat Ibu Rumah Tangga

Jika kamu punya modal gede, tak ada salahnya jika kamu buka toko alat music, pastikan toko peralatan music yang kamu punya sesuai dengan kebutuhan pasar.

menariknya lagi bagi kamu yang punya hobi bernyanyi atau bermain music dan punya hobi membuat video, gabungkan saja hobimu itu, buat video remix lagu, tutorial bermain gitar, dsb lalu upload ke youtube, selain sebagai alat marketing toko music atau les bernyanyimu, kamu juga bisa monitasi account youtubemu.

Fotografi

Bagi yang punya hobi fotografi, punya skill fotografi, alangkah baiknya kamu buka jasa fotografi, atau jasa foto pre wedding, Selain itu kamu juga bisa jual hasil foto kamu ke situs-situ yang mau membeli foto kamu, saat ini ada marketplace yang khusus menjual hasil foto para fotografer.

Jika dijalankan secara sungguh-sungguh, hobi ini bisa jadi bisnis yang menguntungkan, banyak kesempatan yang dapat dipilih untuk menjadi fotografer, kamu bisa jadi fotografer alam bebas, atau fotografer model, fotografer ruangan, tergantung skill yang kamu punya.

terlebih lagi saat ini tak perlu repot repot untuk memakai kamera yang canggih, dari Handphone kamu, kamu sudah bisa menyalurkan hobi fotografimu dan bisa jadikan bisnis.

Membuat Video

Hobi yang saat ini lagi hits, membuat video lebih tepatnya membuat vlog, bagi kamu yang suka bikin video bisa kamu manfaatkan menjadi bisnis yang menguntungkan, kamu bisa tawarkan endors video, review produk atau jadi youtuber.

Baca Juga: 5 Kunci Sukses Jack Ma, Miliarder Pendiri Alibaba

Tidak sedikit orang berhasil lewat hobi membuat video, contoh Bayu Skak yang baru baru ini merilis film yang cukup fenomenal, Raditya Dika sang penulis novel dan youtuber terkenal.

Tak tanggung-tanggung dari menjadi youtuber mereka bisa menghasilkan uang sampai ratusan juta rupiah, jadi jika kamu punya hobi membuat video, jangan ketinggalan untuk menjadikan bisnis yang menguntungkan mu.

untuk memulai belajar membuat video yang menarik, kamu bisa cari referensi di internet, saat ini sudah banyak sekali artikel yang membahas cara membuat video yang menarik, mulai dari aplikasi yang bisa dipakai, cara memotong conten video yang bisa membuat lebih natural, bahkan saat ini aplikasi video via handphone pun juga sudah banyak bertebaran, jadi kamu punya keleluasaan memakai aplikasi dan membuat video seperti apa. yang penting satu, buatlah video yang menarik dan bisa bermanfaat untuk orang lain.

AKHIR KATA

Inilah 5 Hobi Yang Bisa Kamu Jadikan Bisnis Yang Menguntungkan yang perlu kamu coba.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 Manfaat Kulit Jeruk bagi Kesehatan Tubuh Yang Perlu Kamu Tahu

Kisah Sukses Pengusaha Muda Indonesia Elang Gumilang Si Pengusaha Properti